RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP NEG 1 SINJAI TIMUR
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Musik
Kelas /
Semester : VII / 1
Standar
Kompetensi : 5. Mengapresiasi Karya Seni Musik
Kompetensi Dasar : 3.1. Mengidentifikasi jenis lagu daerah
Setempat
3.
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
Alokasi Waktu : 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat menyebutkan jenis – jenis lagu daerah setempat
2.
Siswa dapat mengidentifikasi
ciri khas lagu etnik daerah setempat
3.
Siswa mampu mengidentifikasi elemen – elemen musik lagu
etnik daerah setempat
4.
Siswa mampu mendeskripsikan lagu yang ada di daerah
setempat
5.
Menuliskan keunikan lagu daerah setempat berdasarkan
funsi sosialnya
6.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
B. Materi Pembelajaran
·
Ragam lagu etnik daerah setempat
·
Mengapresiasi keunikan lagu daerah setempat
C. Metode Pembelajaran
·
Pendekatan, life skill
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua :
a)
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
Tanya jawab berbagai hal
yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi da apresiasi
b)
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca buku
referensi tentang ragam lagu etnik daerah setempat
F Mendengarkan
lagu etnik daerah setempat
F
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
c) Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
E. Alat dan Sumber Belajar
·
Buku Referensi,Rekaman audio, buku cetak
·
Diskripsi lagu etnik daerah setempat
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menngidentifikasi jenis lagu
etnik daerah setempat
Ü Mengidentifikasi cirikhas dan
elemen musik lagu daerah setempat
Ü Mendeskripsikan lagu yang ada
di daerah setempat
Ü Mengidentifikasi lagu yang di
dengarkan berdasarkan fungsi sosialnya
Ü Menuliskan pesan dari laguyang
di dengar
|
Tes
Tertulis
Penugasan Indivudual/ kelompok
|
Isian Singkat
Uraian
Pekerjaan Rumah
|
Ü Sebutkan jenis – jenis lagu
etnik daerah setempat
Ü Jelaskan ciri khas lagu etnik
daerah setempat
Ü Tuliskan elemen – lemen musik lagu daerah
setempat
Ü Membuat makalah tentang keunikan dan fungsi
sosial lagu etnik daerah setempat
|
1. Format Penilaian
No.
|
Skor Perolehan
|
Skor Maksimal
|
Bobot Soal
|
Nilai Tiap Soal
|
1
2
3
4
|
2
2
3
3
|
2
2
3
3
|
||
10
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ........
(
........................................... )
NIP/NIK :
…………………
|
Sinjai
,.................. 2013
Guru Mata
Pelajaran Seni Budaya
(
.......................................... )
NIP/NIK :
……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SMP NEG 2 Bantaeng
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 5.
Mengekpresikan diri melalui karya seni
tari
Kompetensi Dasar : 5.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan tari
tunggal
daerah setempat
Alokasi Waktu : 40
menit
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu menyebutkan ragam gerak tari tunggal daerah
setempat
2.
Siswa menyimpulkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
3.
Siswa mampu membuat ragam gerak tari tunggal daerah setempat
4.
Siswa mampu menampilkan tari tunggal
daerah setempat
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
B. Materi Pembelajaran
·
Tari tunggal dari daerah setempat
C. Metode Pembelajaran
·
Pendekatan , life skill ,model,
diskusi,ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan
siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyaksikan,
mengamati ragam gerak tari tunggal daerah setempat
F Mengamati ragam
gerak tari tunggal sesuai fungsinya secara langsung melalui audio visual
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F Mendiskusikan ragam gerak tari tunggal
dari daearh setempat
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
. 3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
E. Alat dan Sumber Belajar
·
Buku Referensi,Rekaman audio, guru/model
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses
dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mendeskripsikan
beragam bentuk Tari Tunggal daerah setempat
Ü Menyebutkan
nama-nama tari tunggal daerah setempat
Ü Menyebutkan
unsur-unsur Tari Tunggal daerah setempat
|
Tes
praktik/ kinerja
Penuga-
san kelompok
|
Tes
Identifikasi
Pekerjaan
Rumah
|
Ü Presentasikan
hasil diskusi dan buatlah tanggapan tertulis tentang tari tunggal daerah
setempat yang telah kalian saksikan
Ü Pelajarilah
salah satu bentuk tari tunggal daerah setempat secara berkelompok
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ........
(
........................................... )
NIP/NIK :
…………………
|
Bantaeng................... 2013
Guru Mata
Pelajaran Seni Budaya
(
.......................................... )
NIP/NIK :
……………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar