y Pengertian & fungsi Evaluasi Pendidikan

Jumat, 05 Juli 2013

Pengertian & fungsi Evaluasi Pendidikan

Prof. Drs. Anas Sudijono dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Evaluasi Pendidikan” mengemukakan fungsi evaluasi pendidikan secara khusus yang dilihat dari tiga segi, yaitu segi psikologis, segi didaktik dan segi administratif.
Fungsi evaluasi dari segi psikologi dapat dilihat dari dua sisi, yang pertama dari sisi siswa dan yang kedua dari sisi pendidik. Jika dilihat dari sisi siswa evaluasi pendidikan memberikan pedoman kepada siswa untuk mengenal kapasitas dan status dirinya masing-masing ditengah-tengah kelompok kelasnya. Kemudian bagi pendidik, evaluasi pendidikan juga akan memberikan kepastian atau ketetapan hati kepada diri pendidik tersebut, sudah sejauh manakah kiranya usaha yang telah dilakuaknnya selama ini telah membawa hasil, sehingga pendidik secara psikologis memiliki pedoman atau pegangan batin guna menentukan langkah-langkah apa saja yang dipandang perlu untuk dilakukan selanjutnya.

Fungsi evaluasi jika dilihat dari segi didaktik bagi peserta didik (khususnya evaluasi hasil belajar) akan dapat memberikan dorongan / motivasi kepada mereka untuk dapat memperbaiki, meningkatkan dan mempertahankan prestasinya. Bagi pendidik, secara didaktik evaluasi itu memiliki lima fungsi, diantaranya:
1.      Memberikan landasan untuk menilai hasil usaha (prestasi yang telah dicapaioleh peserta didiknya.
2.      Memberikan informasi yang sangat berguna, guna mengetahui posisi masing-masing peserta didik ditengah-tengah kelompoknya.
3.      Memberikan bahan yang penting untuk memilih dankemudian menetapkan statuspeserta didik.
4.      Memberikan pedoman untuk mencaridan menemukan jalan kelaur bagi pesrta didik yang memang memerlukannya.
5.      Memberikan petunjuk tentang sudah sejauh manakah program pengajaran yang telah ditentukan telah dapat dicapai.
Kemudian dari segi administratif, evaluasi pendidikan memiliki tiga fungsi, yaitu:
1.      Memberikan laporan mengenai kemajuan dan perkembangan peserta didik setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.
2.      Memberikan bahan-bahan keterangan berupa data yang dalam hal ini berupa nilai-nilai hasil belajar peserta didik yang kemudian hal ini akan menjadi sangat penting dalam hal pengambilan keputusan pendidikan dan lembaga pendidikan.

3.      Memberikan gambaran mengenai hasil-hasil yang telah dicapai dalam proses pembelajaran yang tercermin dari hasil-hasil belajar para peserta didik setelah dilakukannya evaluasi hasil belajar.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger news

Blogger templates

Total Tayangan Laman

Copyright © 2012. Catatan kuliah seni - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz