y Jenis jenis Budaya Adat Makassar

Rabu, 31 Juli 2013

Jenis jenis Budaya Adat Makassar


Makassar merupakan ibu kota dari provinsi sulawesi selatan. Makassar terkenal dengan berbagai macam kebudayaannya dan makanan khasnya yang sangat enak. Maka dari itu banyak sekali orang-orang selain orang makassar sangat menyukai makanan khas makassar. Makanan khas Makassar antara lain coto Makassar, pisang ijo, pisang epek, pisang palubutung, kondro, barongko dan masih banyak lagi. Selain itu tariannya pun menarik. Antara lain tarian Pakarena. Pada abad 20, tarian ini keluar dari tradisi istana dan menjadi pertunjukan populer. Seringkali dipentaskan di sejumlah acara, seperti pernikahan, ritual pengobatan dan sunatan. Tari ini sangat energik, terkadang begitu hingar bingar oleh musik, namun diiringi oleh tarian yang sangat lambat lemah gemulai dari para penari wanita muda. Dua kepala drum (gandrang) dan sepasang instrument alat semacam suling (puik-puik) mengiringi dua penari.
Sementara itu, busana adat Makasar memiliki perbedaan antara busana pria dan busana wanita. Busana adat pria dengan baju bella dada dan jas tutunya sedangkan busana adat wanita dengan baju bodo dan baju labbunya.
Busana adat pria.
Terdiri atas baju, celana atau paroci, kain sarung atau lipa garusuk, dan tutup kepala atau passapu. Baju yang dikenakan pada tubuh bagian atas berbentuk jas tutup atau jas tutu dan baju belah dada atau bella dada. Model baju yang tampak adalah berlengan panjang, leher berkrah, saku di kanan dan kiri baju, serta diberi kancing yang terbuat dari emas atau perak dan dipasang pada leher baju.

Khusus untuk tutup kepala, bahan yang biasa digunakan berasal dari kain pasapu yang terbuat dari serat daun lontar yang dianyam. Bila tutup kepala pada busana adat pria Makasar dihiasi dengan benang emas, masyarakat menyebutnya mbiring. Namun jika keadaan sebaliknya atau tutup kepala tidak berhias benang emas, masyarakat menyebutnya pasapu guru. Biasanya, yang mengenakan pasapu guru adalah mereka yang berstatus sebagai guru di kampung. Pemakaian tutup kepala pada busana pria mempunyai makna-makna dan simbol-simbol tertentu yang melambangkan satus sosial pemakainya.
Kelengkapan busana adat pria Makasar yang tidak pernah lupa untuk dikenakan adalah perhiasan seperti keris, gelang, selempang atau rante sembang, sapu tangan berhias atau passapu ambara, dan hiasan pada penutup kepala atau sigarak. Keris yang senantiasa digunakan adalah keris dengan kepala dan sarung yang terbuat dari emas, dikenal dengan sebutan pasattimpo atau tatarapeng.
Busana adat wanita
Terdiri atas baju dan sarung atau lipa. Ada dua jenis baju yang biasa dikenakan oleh kaum wanita, yakni baju bodo dan baju labbu dengan kekhasannya tersendiri. Baju bodo berbentuk segi empat, tidak berlengan, sisi samping kain dijahit, dan pada bagian atas dilubangi untuk memasukkan kepala yang sekaligus juga merupakan leher baju. Adapun baju labbu atau disebut juga baju bodo panjang, biasanya berbentuk baju kurung berlengan panjang dan ketat mulai dari siku sampai pergelangan tangan. Bahan dasar yang kerap digunakan untuk membuat baju labbu seperti itu adalah kain sutera tipis, berwarna tua dengan corak bunga-bunga. Kaum wanita dari berbagai kalangan manapun bisa mengenakan baju labbu.
Pasangan baju bodo dan baju labbu adalah kain sarung atau lipa, yang terbuat dari benang biasa atau lipa garusuk maupun kain sarung sutera atau lipa sabbe dengan warna dan corak yang beragam. Namun pada umumnya, warna dasar sarung Makasar adalah hitam, coklat tua, atau biru tua, dengan hiasan motif kecilkecil yang disebut corak cadii.
Sama halnya dengan pria, wanita makasar pun memakai berbagai perhiasan untuk melengkapi tampilan busana yang dikenakannya Unsur perhiasan yang terdapat di kepala adalah mahkota (saloko), sanggul berhiaskan bunga dengan tangkainya (pinang goyang), dan anting panjang (bangkarak). Perhiasan di leher antara lain kalung berantai (geno ma`bule), kalung panjang (rantekote), dan kalung besar (geno sibatu), dan berbagai aksesori lainnya. Penggunaan busana adat wanita Makasar yang lengkap dengan berbagai aksesorinya terlihat pada busana pengantin wanita. Begitu pula halnya dengan para pengiring pengantin, hanya saja perhiasan yang dikenakannya tidak selengkap itu.
Selain itu,terdapat juga adat pernikahan orang Makassar. Banyak sekali serangkaian kegiatan pernikahan adat di Makassar yaitu sebagai berikut :
1. A’jagang-jagang/Ma’manu-manu
Penyelidikan secara diam-diam oleh pihak calon mempelai pria untuk mengetahui latar belakang pihak calon mempelai wanita.
2. A’suro/Massuro
Acara ini merupakan acara pinangan secara resmi pihak calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Dahulu, proses meminang bisa dilakukan beberapa fase dan bisa berlangsung berbulan-bulan untuk mencapai kesepakatan.
3. Appa’nasa/Patenre Ada
Usai acara pinangan, dilakukan appa’nasa/patenre ada yaitu menentukan hari pernikahan. Selain penentuan hari pernikahan, juga disepakati besarnya mas kawin dan uang belanja. Besarnya mas kawin dan uang belanja ditentukan menurut golongan atau strata sosial sang gadis dan kesanggupan pihak keluarga pria.
4. Appanai Leko Lompo (erang-erang)
Setelah pinangan diterima secara resmi, maka dilakukan pertunangan yang disebut A’bayuang yaitu ketika pihak keluarga lelaki mengantarkan passio/passiko atau Pattere ada (Bugis). Hal ini dianggap sebagai pengikat dan biasanya berupa cincin. Prosesi mengantarkan passio diiringi dengan mengantar daun sirih pinang yang disebut Leko Caddi. Namun karena pertimbangan waktu, sekarang acara ini dilakukan bersamaan dengan acara Patenre Ada atau Appa’nasa.
5. A’barumbung (mappesau)
Acara mandi uap yang dilakukan oleh calon mempelai wanita.
6. Appasili Bunting (Cemme Mapepaccing)
Kegiatan tata upacara ini terdiri dari appasili bunting, a’bubu, dan appakanre bunting. Prosesi appasili bunting ini hampir mirip dengan siraman dalam tradisi pernikahan Jawa. Acara ini dimaksudkan sebagai pembersihan diri lahir dan batin sehingga saat kedua mempelai mengarungi bahtera rumah tangga, mereka akan mendapat perlindungan dari Yang Kuasa dan dihindarkan dari segala macam mara bahaya. Acara ini dilanjutkan dengan Macceko/A’bubu atau mencukur rambut halus di sekitar dahi yang dilakukan oleh Anrong Bunting (penata rias). Tujuannya agar dadasa atau hiasan hitam pada dahi yang dikenakan calon mempelai wanita dapat melekat dengan baik. Setelah usai, dilanjutkan dengan acara Appakanre Bunting atau suapan calon mempelai yang dilakukan oleh anrong bunting dan orang tua calon mempelai. Suapan dari orang tua kepada calon mempelai merupakan simbol bahwa tanggung jawab orang tua kepada si anak sudah berakhir dan dialihkan ke calon suami si calon mempelai wanita.
7. Akkorongtigi/Mappaci
Upacara ini merupakan ritual pemakaian daun pacar ke tangan si calon mempelai. Daun pacar memiliki sifat magis dan melambangkan kesucian. Menjelang pernikahan biasanya diadakan malam pacar atau Wenni Mappaci (Bugis) atau Akkorontigi (Makassar) yang artinya malam mensucikan diri dengan meletakan tumbukan daun pacar ke tangan calon mempelai. Orang-orang yang diminta meletakkan daun pacar adalah orang-orang yang punya kedudukan sosial yang baik serta memiliki rumah tangga langgeng dan bahagia. Malam mappaci dilakukan menjelang upacara pernikahan dan diadakan di rumah masing-masing calon mempelai.
8. Assimorong/Menre’kawing
Acara ini merupakan acara akad nikah dan menjadi puncak dari rangkaian upacara pernikahan adat Bugis-Makassar. Calon mempelai pria diantar ke rumah calon mempelai wanita yang disebut Simorong (Makasar) atau Menre’kawing (Bugis). Di masa sekarang, dilakukan bersamaan dengan prosesi Appanai Leko Lompo (seserahan). Karena dilakukan bersamaan, maka rombongan terdiri dari dua rombongan, yaitu rombongan pembawa Leko Lompo (seserahan) dan rombongan calon mempelai pria bersama keluarga dan undangan.
9. Appabajikang Bunting
Prosesi ini merupakan prosesi menyatukan kedua mempelai. Setelah akad nikah selesai, mempelai pria diantar ke kamar mempelai wanita. Dalam tradisi Bugis-Makasar, pintu menuju kamar mempelai wanita biasanya terkunci rapat. Kemudian terjadi dialog singkat antara pengantar mempelai pria dengan penjaga pintu kamar mempelai wanita. Setelah mempelai pria diizinkan masuk, kemudian diadakan acara Mappasikarawa (saling menyentuh). Sesudah itu, kedua mempelai bersanding di atas tempat tidur untuk mengikuti beberapa acara seperti pemasangan sarung sebanyak tujuh lembar yang dipandu oleh indo botting (pemandu adat). Hal ini mengandung makna mempelai pria sudah diterima oleh keluarga mempelai wanita.
10. Alleka bunting (marolla)
Acara ini sering disebut sebagai acara ngunduh mantu. Sehari sesudah pesta pernikahan, mempelai wanita ditemani beberapa orang anggota keluarga diantar ke rumah orang tua mempelai pria. Rombongan ini membawa beberapa hadiah sebagia balasan untuk mempelai pria. Mempelai wanita membawa sarung untuk orang tua mempelai pria dan saudara-saudaranya. Acara ini disebut Makkasiwiang.
Apabila sepasang pengantin sudah melakukan serangkaian kegiatan diatas, barulah mereka dinyatakan sah sebagai pasangan suami istri.

15 komentar:

Graha Vimax Asli mengatakan...

Agen Vimax Asli | Vimax Asli | Vimax | Vimax Asli Canada | Vimax Canada Asli | Vimax Original Asli | Obat Vimax Asli | Obat Vimax Herbal | Vimax Kapsule Asli | Obat Vimax Pills Asli | Obat Pembesar Penis | Obat Pembesar Alat Vital | Solusi Vimax Asli | Rahasia Obat Vimax Asli | Klinik Harmonis Pasutri

Macho shop69 mengatakan...

Agen Vimax Asli Di MAKASSAR
Jual Vimax Asli Di MAKASSAR
Obat Vimax Asli Di MAKASSAR
Jual Vimax Asli Obat Pembesar Penis Di MAKASSAR
Jual Obat Pembesar Penis Di MAKASSAR
Vimax Asli Di MAKASSAR

Aranka-Shop mengatakan...

Jual Vimax Asli Di Batam
Vimax Asli Di Batam
Jual Vimax Asli Canada Di Batam
Jual Vimax Di Batam
Agen Vimax Asli Di Batam
Vimax Asli Batam
Vimax Di Batam
Agen Vimax Di Batam
Toko Vimax Asli Di Batam
Alamat Toko Vimax Di Batam
Vimax Batam
Obat Kuat Hammer Of Thor
Obat Kuat
Obat Pembesar Penis Hammer Thor
Obat Hammer Thor Asli
Jual Obat Semenax Di Bali
Obat Perangsang Semprot Di Bali
VIMAX
Toko Vimax Di Bali

Macho Shop mengatakan...

Agen Vimax Asli Di BATAM
Jual Vimax Asli Di BATAM
Obat Vimax Asli Di BATAM
Jual Vimax Asli Obat Pembesar Penis Di BATAM
Jual Obat Pembesar Penis Di BATAM
Vimax Asli Di BATAM
Jual Obat Viagra Di BATAM
Jual Vakum Pembesar Penis Di BATAM
Jual Obat Cialis Di Batam
Jual Obat KLG Di Batam

masalikhan mengatakan...

Hammer Of thor asli
Hammer
Hammer Asli
Hammer Thor Asli
Thor's Hammer Asli
Vimax Oil Asli
Vimax Oil Canada
Semenax Asli
Blue wizard Cair
Obat Penyubur Sperma
Obat perangsang serbuk
Ciri-ciri Vimax Asli
Ciri-ciri Anabolic 24rx Asli
Obat Anabolic
24rx Asli

Hammer Of thor asli
puerarin kapsul
Obat Pembesar Payudara
puerarin kapsul Asli
Vmenplus Asli
Ciri-
CiriVmenplus Asli

Furqon Fahmi mengatakan...

Toko Obat Banjarmasin
Vimax Banjarmasin
Obat Kuat Banjarmasin
Alat Bantu Pria Banjarmasin
Alat Bantu Wanita Banjarmasin
Hammer Of Thor Banjarmasin
Obat KLG Banjarmasin
Obat Perangsang Banjarmasin
Obat Forex Banjarmasin
Procomil Spray Banjarmasin

obat kuat palembang mengatakan...

Vimax Palembang
Obat Kuat Palembang
Alat Bantu Pria Palembang
Alat Bantu Wanita Palembang
Hammer Of Thor Palembang
Obat KLG Palembang
Obat Perangsang Palembang
Procomil Spray Palembang
Jual Vimax Di Palembang
Vimax Asli Palembang

Situs Terbaik mengatakan...

Alat Bantu Sex Pria Wanita Di Lampung

Yunna shop mengatakan...

Agen Vimax Asli Medan
Jual Vimax Asli Di Medan
Jual Hammer Of Thor Asli Di Medan
Jual Vimax Asli Di Batam
Jual Viagra Obat Kuat Di Medan
Jual Vimax Asli Di Samarinda
Jual Vimax Asli Di Banjarmasin
Jual Vimax Asli Di Kisaran
Jual Vimax Asli Di Padang
Jual Vimax Asli Di Aceh
Jual Vimax Di Asahan
Jual Vimax Asli Di Siantar
Jual Klg Asli Di Medan
Jual Vimax Asli Di Belawan
Jual Vimax Asli Di Binjai
Jual Obat Bius Manjur Di Batam
Jual Obat Bius Di Banjarmasin
Jual Obat Bius Di Ciamis
Jual Obat Bius Di Bandung
Jual Obat Bius Di Bogor
Jual Obat Bius Di Bekasi
Jual Obat Bius Di Depok

Agen Hammer mengatakan...

Jual Hammer Of Thor Di Jakarta
Hammer Of Thor Di Jakarta
Hammer Of Thor Asli Di Jakarta
Obat Hammer Of Thor Di Jakarta
Thor Hammer Asli Di Jakarta
Toko Hammer Of Thor Asli Jakarta
Obat Kuat Hammer Of Thor Di Jakarta
Alamat Jual Hammer Of Thor Di Jakarta
Agen Hammer Of Thor Asli Di Jakarta
Distributor Hammer Of Thor Di Jakarta

vimax izon mengatakan...

obat pembesar penis bali

Zaki Shop mengatakan...

Jual Titan Gel Di Bandung
Jual Titan Gel Asli Di Bandung
Obat Pembesar Penis Di Bandung
Jual Gel Titan Asli Bandung
Jual Gel Titan Di Bandung
Agen Titan Gel Asli Bandung
Distributor Titan Gel Asli Di Bandung
Jual Vimax Asli Di Bandung
Vimax Asli Bandung
Obat Pembesar Penis Di Bandung
Jual Vimax Di Bandung
Jual Vimax Obat Pembesar Penis Di Bandung
Jual Testo Ultra Di Bandung
Testo Ultra Asli Bandung
Jual Testo Ultra Asli Di Bandung
Obat Pembesar Penis Di Bandung
Agen Testo Ultra Asli Bandung
Jual Obat Testo Ultra Asli Di Bandung
Jual Hammer Of Thor Di Bandung
Jual Hammer Of Thor Asli Di Bandung
Obat Kuat Hammer Di Bandung
Hammer Of thor Asli Bandung
Agen Hammer Of Thor Asli Bandung

antax mengatakan...

Alat Bantu Sex Semarang

Alat Bantu Sex Padang

Alat Bantu Sex Pontianak

Alat Bantu Sex Palangkaraya

Alat Bantu Sex Samarinda

Alat Bantu Sex Balikpapan

Reseller Vimax mengatakan...

Obat Aborsi

Obat Penggugur Kandungan

Obat Telat Bulan

Cara Aborsi Sendiri

Cara Menggugurkan Kandungan


Obat Penggugur Kandungan Asli

Obat Penggugur Kandungan

Penggugur Kandungan

Cara Menggugur Kandungan

Penggugur Kandungan Usia 3 Bulan


Obat Pelancar Haid Herbal

Obat Pelancar Haid

Info Melancarkan Haid

Obat Pelancar Haid Asli

Cara Melancarkan Haid


Obat Aborsi Di Indonesia

Obat Aborsi Ampuh

Apotik Obat Aborsi

Klinik Aborsi Indonesia

Obat Aborsi Tuntas





SELAMAT DATANG DI TOKO ONLINE ABORSI TERPERCAYA ASLI NO TIPU !!!

Reseller Vimax mengatakan...

Obat Pembesar Penis BEKASI


Obat Pembesar Penis Permanen Dan Tahan Lama





SELAMAT DATANG DI TOKO ONLINE PEMBESAR PENIS !!!

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger news

Blogger templates

Total Tayangan Laman

Copyright © 2012. Catatan kuliah seni - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz