y Prinsip Prinsip Seni Rupa

Sabtu, 09 November 2013

Prinsip Prinsip Seni Rupa

Prinsip Prinsip Seni rupa juga di ssebut kaidah kaidah yang menjadi pedoman pedoman  dalam berkarya seni rupa. prinsip seni rupa ini yaitu : Kesatuan, keseimbangan, irama, pusat perhatian, dan keseleraan.
      kesatuan
  (unity ),unsur unsur dalam sebuah karya seni rupa salin bertautan.tidak ada lagi bagian yang berdiri sendiri.
      keseimbangan
  berarti kesamaan bobot dari unsur unsur karya . ssecara wujud dan jumlahnya mungkin tidak sama namun nilai nya dapat di imbangkan .macam keseimbangan yakni keseimbangan : terpiusat/sentral,diagonal,simetris dan asimetris.
      Irama
 Dalam Seni rupa diusahakan Lewat penyusunan unsur unsur yang ada atau pengulangan dari unsur unsur yang di atur,pusat perhatian adalah unsur yang sangat menonjol atau berbeda dengan unsur unsur yang ada di sekitarnya .untuk menciptakan pusat perhatian ,kita bisa menempatkan unsur yang paling domain.

      Keseleraan
Merupakan prinsip yang dipakai untuk menyatukan unsur unsur seni rupa yang berbeda,baik bentuk maupun warna.keseleraan bentuk dapat di ciptakan melalui penyusunan bentuk yang salin berdekatan.keseleraan warna dapat di peroleh dari memadukan warna baik monokromatis (gradasi warna ),analogus (berdekatan dengan lingkaran warna),maupun komplementer (berlawanan dalam lingkaran Warna ,dari turunan Warna Primer yang berbeda).
     Dominasi (Domination)
Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang harus ada dalam karya seni dan deisan. Dominasi berasal dari kata Dominance yang berarti keunggulan . Sifat unggul dan istimewa ini akan menjadikan suatu unsure sebagai penarik dan pusat perhatian. Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Center of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi mempunyai bebrapa tujuan yaitu utnuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.


1 komentar:

ivan verys mengatakan...

Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




agen tiket murah

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger news

Blogger templates

Total Tayangan Laman

Copyright © 2012. Catatan kuliah seni - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz