PADUAN SUARA
Susunannya
Suatu paduan
suara merupakan himpunan dari seeejumlah penyanyi yang dikelompokkan menurut
jenis suaranya. Untuk anak-anak maupun wanita, jenis-jenis suara itu adalah: sopran,mezzo-sopran,alto. Dan utuk
laki-laki dewasa: tenor,baritone,bas.
Jenis-jenis suara ini satu sama lain berbeda warna suara atau timbre. Paduan
suara dengan suara sejenis bisa kita temukan: sopran,mezzo, dan alto (untuk
anak-anak dan atau wanita), atau tenor,bariton dan bas (untuk paduansuara pria
wanita). Sedangkan paduan suara campuran (mized choir), di mana terdapat wanita
dan pria, lazimnyamerupakan himpunan dari penyanyi-penyanyi dengan jenis-jenis
suara: sopran-alto-tenor dan bas di singkat SATB.
Warna-suara
Setiap pemimpin paduan suara perlu benar-benar
memahami dan mengerti tentang timbre
(warna suara) dari tiap jenis suara itu untuk anak-anak,wanita maupun pria.
Kemampuan menjangkau nada-nada tinggi atau rendah merupakan pertimbangan yang
kedua setelah timbre. Suara sopran pada umumnya dapat dikenali pada bunyinya
yang “terang”. Suara ini terasa “ringan”,dengan pembawaan yang lincah. Wilayah
nada yang dikuasainya termasuk yang paling tinggi diantara semua jenis suara.
Suara alto mempunyai suara yang agak “gelap” bunyinya ‘’dalam” dan pembawaannya
seperti “berat” ia merupakan jenis suara wanita yang menghasilkan nada-nada
rendah dengan warna yang dalam.mezzo-sopran warnanya berada diantara warna
sopan dan alto. Tidak terlalu terang dan tidak berat dalam, jangkauan nadanya
juga berada diantara sopran dan alto. Sama seperti halnya dengan sopran pada
suara wanita, maka suara tenor pada pria mempunyai warna bunyi yang
terang-nyaring. Sedangkan suara bas berwarna “gelap” dengan pembawaan yang
“berat” dan “dalam”
Keseimbangan
suara/balans
Bukan hanya soal kwantitas yang menentukan
keseimbangan suara itu; kwalitaspun turut berbicara di dalamnya. Volume suara
yang berimbang dalam arti kwantitas, merupakan hasil, di mana semua kelompok
menyanyi dalam “dynamic level” (takaran dinamik) yang sama. Jika kelompok itu
besarnya berlainan, maka menyanyi dalam “dynamic level” yang sama pasti tidak
akan menghasilkan volume suara yang berimbang, dan kiranya jelas, bahwa memaksa
salah satu kelompok menyanyi lebih keras atau pelan, juga bukanlah suatu cara
yang benar untuk memperoleh balans yang baik itu, sebab di situ “dynamic level”
yang di pakai sudah tidak sama lagi.tujuan pokok senantiasa adalah terciptanya
sarana demi tercapainya peimbangan (balans) suara yang wajar. Sebagai pedoman
yang bersifat umum formasi tersebut perlu di fahami.
Membentuk paduan suara
Untuk memperoleh padua suara yang mengandung cukup
potensi untuk dikembangkan menjadi paduan suara yang baik,biasanya haruslah
diadakan suatu seleksi. Setiap calon menjalani suatu testing. Berbagai cara di
tempuh untuk mengetahui kwalitas dan timbre
suara,musikalitas,daya-pendengaran,kepekaan terhadap ritme dari para calon yang
bersangkutan diterima ,disamping itu biasanya juga menjadi perhatian,apakah
calonnya cukup fasih membaca not (not angka,lebih baik lagi not balok).
Sejak dini berpaduan merupakan syarat mutlak bagi
setiap paduan suara yang baik. Suatu paduan suara berdiri atau jatuh dengan ada
atau tidak adanya perpaduan itu, yaitu perpaduan di mana semua unsu,tanpa
kecuali, turut terlibat didalamnya.
Pertimbangan-pertimbangan
lain
Walau sifatnya
non-musik,atau bahkan juga non-vokal, berikut ini cukup penting juga untuk
menjadi perhatian dalam usaha membentuk paduan suara, terutama bagi kelancaran
usaha pembinaan selanjutnya.
Yang dimaksud adalah:
1. Soal
usia para anggota yang kira-kira setingkat,karena
ini akan membantu terciptanya hubungan pergaulan yang wajar. Memperhatikan
masalah ini berarti jauh menghindari terjadinya pengelompokan yang lazim
terjadi,karena anggota biasanya akan saling mencari teman yang sebaya.
2. Latar belakang pendidikan yang
kira-kira setingkat pasti juga mempunyai pengaruh baik bagi terjalinnya hubungan keakraban yang sehat. Jika latar
belakang pendidikan itu terlalu besar perbedaan tingkatannya, maka akan terjadi
“gap-gap” psikologis antar anggota, yang akan bermuara dalam bentuk-bentuk
pengelompokan. Juga dalam pemahaman karya-karya music yang semakin berat kelak,
keadan seperti ini pasti tidak akan menguntungkan.
Suasana pergaulan dan hubungan
keakraban yang baik dan sehat sangat menguntungkan bagi kemajuan suatupaduan suara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar