Prof. Drs. Anas Sudijono dalam bukunya yang
berjudul “Pengantar Evaluasi Pendidikan” mengemukakan fungsi evaluasi
pendidikan secara khusus yang dilihat dari tiga segi, yaitu segi psikologis,
segi didaktik dan segi administratif.
Fungsi evaluasi dari segi psikologi dapat dilihat
dari dua sisi, yang pertama dari sisi siswa dan yang kedua dari sisi pendidik.
Jika dilihat dari sisi siswa evaluasi pendidikan memberikan pedoman kepada
siswa untuk mengenal kapasitas dan status dirinya masing-masing ditengah-tengah
kelompok kelasnya. Kemudian bagi pendidik, evaluasi pendidikan juga akan
memberikan kepastian atau ketetapan hati kepada diri pendidik tersebut, sudah
sejauh manakah kiranya usaha yang telah dilakuaknnya selama ini telah membawa
hasil, sehingga pendidik secara psikologis memiliki pedoman atau pegangan batin
guna menentukan langkah-langkah apa saja yang dipandang perlu untuk dilakukan
selanjutnya.
Fungsi evaluasi jika dilihat dari segi didaktik
bagi peserta didik (khususnya evaluasi hasil belajar) akan dapat memberikan
dorongan / motivasi kepada mereka untuk dapat memperbaiki, meningkatkan dan
mempertahankan prestasinya. Bagi pendidik, secara didaktik evaluasi itu
memiliki lima fungsi, diantaranya:
1. Memberikan landasan untuk menilai hasil usaha
(prestasi yang telah dicapaioleh peserta didiknya.
2. Memberikan informasi yang sangat berguna, guna
mengetahui posisi masing-masing peserta didik ditengah-tengah kelompoknya.
3. Memberikan bahan yang penting untuk memilih
dankemudian menetapkan statuspeserta didik.
4. Memberikan pedoman untuk mencaridan menemukan
jalan kelaur bagi pesrta didik yang memang memerlukannya.
5. Memberikan petunjuk tentang sudah sejauh manakah
program pengajaran yang telah ditentukan telah dapat dicapai.
Kemudian dari segi administratif, evaluasi
pendidikan memiliki tiga fungsi, yaitu:
1. Memberikan laporan mengenai kemajuan dan
perkembangan peserta didik setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam
jangka waktu tertentu.
2. Memberikan bahan-bahan keterangan berupa data
yang dalam hal ini berupa nilai-nilai hasil belajar peserta didik yang kemudian
hal ini akan menjadi sangat penting dalam hal pengambilan keputusan pendidikan
dan lembaga pendidikan.
3. Memberikan gambaran mengenai hasil-hasil yang
telah dicapai dalam proses pembelajaran yang tercermin dari hasil-hasil belajar
para peserta didik setelah dilakukannya evaluasi hasil belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar