Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Bentuk Bentuk Teater yang terdapat di indonesia

    Wayang, merupakan bentuk teater tradisional yang sangat tua, dan dapat ditelusuri bagaimana asal-muasalnya. wayang wong dalam bahasa Indonesia artinya wayang orang, yaitu pertunjukan wayang kulit, tetapi dimainkan oleh orang. wayang wong adalah bentuk teater tradisional Jawa yang berasal dari wayang kulit yang dipertunjukan dalam bentuk berbeda, dimainkan oleh orang. lengkap dengan menari dan menyanyi, seperti pada umumnya.
    Makyong, makyong merupakan suatu jenis teater tradisional yang bersifat kerakyatan. makyong yang paling tua terdapat dipulau Mantang, salah satu pulau di Riau.
    Randai, randai merupakan suatu bentuk teater tradisional yang bersifat kerakyatan, yang terdapat di daerah Minangkabau, Sumatra barat.
    Mamanda, Daerah Kalimantan selatan mempunyai cukup banyak kesenian antara lain yang paling populer adalah Mamanda, yang merupakan teater tradisional yang bersifat kerakyatan, yang orang sering menyebutnya dengan teater rakyat.
    Lenong, lenong merupakan teataer rakyat Betawi, apa yang disebut teater tradisional yang ada pada saat ini, sudah sangat jauh berbeda dan jauh berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat lingkungannya. dibandingkan dengan Lenong masa dulu.

    Longser, merupakan jenis teater tradisional yang bersifat kerakyatan dan terdapat di jawa barat. termasuk kelompok etnik Sunda.
    Ubrug, ubrug merupakan jenis teater tradisional yang terdapat didaerah banten.
    Ketoprak, ketoprak merupakan teater rakyat yang paling populer, terutama daerah Yogyakarta, dan daerah Jawa tengah.
    Ludruk, ludruk merupakan teater tradisional yang yang bersifat kerakyatan di daerah Jawa Timur, berasal dari jombang.
    Gambuh, gambuh merupakan teater yang paling tua di Bali dan diperkirakan berasal dari abad ke-16.
    Arja, arja merupakan teater tradisional yang bersifat kerakyatan yang terdapat di Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar