Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Seni Budaya/musik


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 

Sekolah                         : SMP NEG 1 SINJAI TIMUR

Mata Pelajaran              :  Seni Budaya/Musik

Kelas / Semester           : VII / 1
Standar Kompetensi      : 5.    Mengapresiasi Karya Seni Musik
Kompetensi Dasar         : 3.1. Mengidentifikasi jenis lagu  daerah
                                                Setempat
                                        3.  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
            Alokasi Waktu              : 40 Menit



A.     Tujuan Pembelajaran

1.       Siswa dapat menyebutkan jenis – jenis lagu daerah setempat
2.       Siswa dapat mengidentifikasi ciri khas lagu etnik daerah setempat
3.       Siswa mampu mengidentifikasi elemen – elemen musik lagu etnik daerah setempat
4.       Siswa mampu mendeskripsikan lagu yang ada di daerah setempat
5.       Menuliskan keunikan lagu daerah setempat berdasarkan funsi sosialnya
6.        

v  Karakter siswa yang diharapkan :            Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

B.     Materi Pembelajaran

·         Ragam lagu etnik daerah setempat
·         Mengapresiasi keunikan lagu daerah setempat

C.     Metode Pembelajaran

·         Pendekatan, life skill

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama dan kedua :
a)      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi da apresiasi   
 
b)      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku referensi tentang ragam lagu etnik daerah setempat
F  Mendengarkan lagu etnik daerah setempat
F   



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,


c)      Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;


E.     Alat dan Sumber Belajar

·         Buku Referensi,Rekaman audio, buku cetak
·         Diskripsi lagu etnik daerah setempat

F.      Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menngidentifikasi jenis lagu etnik daerah setempat
Ü  Mengidentifikasi cirikhas dan elemen musik lagu daerah setempat
Ü  Mendeskripsikan lagu yang ada di daerah setempat
Ü  Mengidentifikasi lagu yang di dengarkan  berdasarkan fungsi sosialnya
Ü  Menuliskan pesan dari laguyang di dengar

Tes
Tertulis





Penugasan Indivudual/ kelompok
Isian Singkat


Uraian


Pekerjaan Rumah
Ü Sebutkan jenis – jenis lagu etnik daerah setempat
Ü Jelaskan ciri khas lagu etnik daerah setempat
Ü Tuliskan elemen – lemen musik lagu daerah setempat
Ü Membuat makalah tentang keunikan dan fungsi sosial lagu etnik daerah setempat


1.       Format Penilaian
No.
Skor Perolehan
Skor Maksimal
Bobot Soal
Nilai Tiap Soal
1
2
3
4

2
2
3
3
2
2
3
3




10








Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………








Sinjai ,..................  2013   
Guru Mata Pelajaran Seni Budaya



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :  SMP NEG 2 Bantaeng

Mata Pelajaran              :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester           : VII / 1
Standar Kompetensi      : 5.    Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar         : 5.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  tari
                                                tunggal  daerah setempat
Alokasi Waktu              : 40 menit 
                       

A.     Tujuan Pembelajaran

1.       Siswa mampu menyebutkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
2.       Siswa menyimpulkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
3.       Siswa mampu membuat ragam gerak tari tunggal daerah setempat
4.       Siswa mampu menampilkan tari tunggal daerah setempat

v  Karakter siswa yang diharapkan :            Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

B.     Materi Pembelajaran

·         Tari tunggal dari daerah setempat

C.     Metode Pembelajaran

·         Pendekatan , life skill ,model, diskusi,ceramah

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø       Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyaksikan, mengamati ragam gerak tari tunggal daerah setempat
F  Mengamati ragam gerak tari tunggal sesuai fungsinya secara langsung melalui audio visual



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Mendiskusikan ragam gerak tari tunggal dari daearh setempat
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,

. 3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

E.     Alat dan Sumber Belajar

·                                 Buku Referensi,Rekaman audio, guru/model

F.      Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikan beragam bentuk Tari Tunggal daerah setempat
Ü  Menyebutkan nama-nama tari tunggal daerah setempat
Ü  Menyebutkan unsur-unsur Tari Tunggal daerah setempat
Tes praktik/ kinerja

Penuga- san kelompok


Tes Identifikasi


Pekerjaan Rumah
Ü  Presentasikan hasil diskusi dan buatlah tanggapan tertulis tentang tari tunggal daerah setempat yang telah kalian saksikan
Ü  Pelajarilah salah satu bentuk tari tunggal daerah setempat secara berkelompok



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

Bantaeng...................  2013   
Guru Mata Pelajaran Seni Budaya



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….












Tidak ada komentar:

Posting Komentar